Sumber : Risalah Iqodzun Niyaam
Penulis : Syekh Ahmad Badri bin Abdillah
FASHAL I
Pondasi thoriqot itu ada
enam ;
1. (Taubat) ; merasa kapok terhadap kesalahan yang telah dilakukan dan menjaga agar tidak terjadi
penyesalan pada masa yang akan datang,
2.
(Uzlah) ; menjauh dari hal yang membuat hati menjadi bimbang dan memilih
akan hal yang akan menghasilkan maksud,
3.
(Zuhud) ; sengaja menunda hal yang akan mengikat diri,
4. (Qona’ah) ; menerima dan merasa cukup akan milik, meskipun
sedikit asalkan bisa membawa selamat,
5.
(Taqwa) ; ta’at akan perintah syara’,
6.(Taslim)
; menyerahkan sekujur badan (pasrah) kepada Allah disertai melakukan usaha yang
telah diamanatkan kepadanya.
FASHAL II
Tiang
thoriqot itu ada enam ;
1. (Ilmu)
; mengetahui aturan-aturan dan memahaminya,
2. (Hilm) ; berbelas kasih, tidak terburu-buru, manis budi, sayang
dan menyayangi,
3. Sabar ; mau
menahan diri terhadap hal yang tidak sesuai dengan nafsu,
4. (Rido) ; menerima bagian dari Allah,
5. (Ikhlas) ; segala maksud dan amal ibadah dikhususkan hanya bagi
Allah,
6. (Husnul Khuluq) ; baik
budi pekerti, tata karma kepada kholiq dan makhluk.
FASHAL III
Bilik atau Dinding thoriqot yakni
pakaian orang yang menjalankan thoriqot ada enam ;
1. (Ma’rifatullah bid Daliili wal Burhan) ; mengenal Allah
berdasarkan dalil dan keterangan,
2.
(Yaqin) ; rasa percaya penuh akan keterangan,
3. (Sakhowah) ; tentramnya hati dan tidak cepat emosi,
4. (Shidiq) ; benar kepercayaannya
kepada Allah, Rasulullah dan keterangan,
5.
(Tafakur); berfikir tentang makhluk agar digunakan sebagai petunjuk atas
keterangan untuk menjelaskan kholiq,
6.
( ....... )
FASHAL IV
Pakunya thoriqot yakni
pasak agar tertancapnya thoriqot ada enam ;
1. (Mulazamah Zikrullahi Ta’ala) ; tetap dan dawam ingat kepada Allah
yang maha mengurus dan menjaga seluruh alam sehingga ingatnya kepada Allah itu
selamanya,
2. (Tarkul Hawa) ;
meninggalkan keinginan diri dan merasacukup akan kehendak Tuhannya,
3. (Tarku Dunya); menunda keduniawian
yakni menunda hal yang hanya berguna di dunia,
4. (Ilzam Ithba’ Diin) ; memegang erat dan turut akan agama,
5. (Mulazamah Ithba’ Al-khair Wash-sholah) ;
tetap ta’at akan kebaikan dan melakukan ishlah (perbaikan/perdamaian),
6. (Fa’lul Khairat) ; melakukan
pekerjaan yang baik dan kekal manfa’atnya.
FASHAL V
Adapun atap, usuk dan gentengnya
thoriqot yang sering disebut adab-adab dalam berzikir thoriqot itu ada dua
belas ;
(1) Harus memiliki guru mursyid yang telah diberi izin dengan
shohih dan cukup ilmunya agar murid tidak bertanya kepada orang lain serta
senantiasa memberikan ilmu kepada murid
tersebut,
(2) Dalam menjalani zikir yang telah ditetapkan, murid membayangkan
bahwa dirinya ditatap oleh gurunya agar segala ajarannya tidak disia-siakan,
(3) Harus
dijaga dari zikir ghoflah, yaitu praktiknya seperti orang berzikir tapi hatinya
tidak,
(4) Harus bersih dari hadats dan najis, tidak berbeda dengan orang yang
akan melaksanakan shalat,
(5) Harus menghadap kiblat apabila dalam keadaan
sendiri,
(6) Tidak boleh ada pemandangan yang ditatap olehnya selain gurunya
saja,
(7) Harus memejamkan mata agar dapat dirasa lebih terkumpul,
(8) Harus duduk di
tempat yang gelap dan sepi agar lebih tenteram,
(9) Apabila sedang mempraktikan
zikir nafi itsbat harus sampai ke seluruh lathoif, apabila mempraktikan zikir
itsbat saja maka harus diposisikan pada lathoifnya begitu juga apabila sedang
mempraktikan zikir muroqobah maka itu juga harus ikut kepada aturan-aturan yang
telah diterangkan dalam kitab tanbihus salik fi khoiril masalik,
(10) Harus
mengerti akan makna kalimat-kalimat yang dipakai dalam berzikir, sebab kalimat
yang dipakai dalam zikir itu tidak mesti kalimat syahadat atau kalimat Allah - Allah saja, akan tetapi kalimat apa saja yang memiliki makna sama
diwarid berdasarkan syara’ bahwa kalimat itu masih sama,
(11) Setiap langkah
zikir harus ada bekas pada tiap-tiap lathifahnya, yang dimaksud adalah harus
sampai tercipta ikut zikir, bahkan seluruh badannya memiliki rasa ikut zikir,
(12) Harus membaca “sayyiduna muhammadurrosulullah” pada setiap penghabisan
zikir nafi itsbat yang telah ditetapkan.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus